Apa Itu Lighting Consultant? Berikut Pembahasan Jelasnya

Lighting consultant

Lighting consultant berperan penting dalam membangun atmosfer dan mood sebuah hunian. Sehingga, perlu individu yang bertanggung jawab untuk hal tersebut.

Pencahayaan dalam sebuah hunian dan film juga bisa menggambarkan emosi karakter atau pemerannya. Alhasil, para penonton mampu menikmati dan ikut merasakan mood atau emosi yang ada.

 

Lighting consultant

 

Mengenal Apa Itu Lighting Consultant?

Lighting consultant biasa disebut juga sebagai penata cahaya, yang berperan untuk mengatur pencahayaan dalam sebuah film atau hunian. Jasa lighting bekerja secara langsung dengan sutradara, art director, untuk bisa menghasilkan pencahayaan yang tepat.

Sebelum melakukan produksi sebuah film atau teater dimulai, seorang lighting designer akan me-review naskah. Seorang konsultan lighting harus memiliki pengetahuan mumpuni seputar penggunaan lampu dan cahaya.

Mengenal Konsep Jenis Pencahayaan di Hunian

Untuk bisa menciptakan nuansa dengan pencahayaan yang sesuai keinginan, pada dasarnya kita harus mengenali jenis dan karakteristiknya. Berikut ini sudah ada beberapa jenis pencahayaan dari lighting consultant, antara lain :

  1. Konsep General Lighting

General lighting merupakan salah satu penataan pada peletakan lampu. Dimana dilakukan dengan cara memasang lampu terhadap titik tengah ruangan yang dipasang secara simetris dan merata.

Tujuan dari penggunaan general lighting untuk menghasilkan sumber cahaya secara terang. Sehingga lighting akan berada secara menyeluruh pada ruangan.

General lighting atau yang dikenal juga ambient lighting juga digunakan pada ruangan utama dalam rumah. Misalnya saja seperti ruang keluarga, dapur, kamar mandi, kamar tidur, teras rumah, ruang tamu, dan ruangan lainnya.

  1. Task Lighting

Task lighting dikenal sebagai salah satu sistem pencahayaan yang berfokus pada suatu area dan berguna untuk membantu dalam melakukan aktivitas tertentu. Selain bisa membantu beraktivitas pencahayaan ini berfungsi sebagai pembentuk suasana.

Contoh task lighting yakni lampu pada meja rias, dimana di bagian cerminnya bisa ditambahkan lampu led yang berguna untuk menerangi wajah. Sehingga juga bisa melakukan aktifitas make up dengan maksimal.

Sistem lighting consultant yang fokus pada sebuah area ini juga cocok untuk difungsikan di dapur. Dapur alam juga perlu pencahayaan terpusat yang maksimal untuk kelangsungan aktivitas memasak.

Kemudian, tampilkan task lighting berupa lampu sorot atau halogen di bagian bawah kabinet dapur yang akan mengarah langsung ke area kerja (counter top). Untuk keamanan saat sedang memasak, bisa tambahkan task lighting di bagian kompor dan oven.

  1. Accent Lighting

Biasanya, Accent lighting digunakan untuk menyorot atau memfokuskan pada sebuah benda agar lebih tampak detailnya. Pemasangan accent lighting yang terjadi ruangan dalam rumah biasanya digunakan untuk menyorot dekorasi.

Misalnya saja seperti foto, action figure, benda seni, lukisan, tanaman kecil, dan lain sebagainya. Jenis pencahayaan ini tidak bisa digunakan untuk membantu aktivitas, melainkan murni hanya untuk elemen dekoratif ruangan.

Agar accent lighting ini bisa berfungsi secara optimal, maka jenis lampu yang digunakan sebaiknya wajib menyinari objek yang diterangi tiga kali lipat lebih terang dari cahaya lampu pada ruangan tersebut.

Umumnya pemakaian accent lighting ini menggunakan jenis lighting. Misalnya saja seperti lampu halogen, mini spot, lampu tungsten serta lampu spotlight.

Umumnya, pemasangan lampu digunakan di ruang keluarga atau ruang tamu di rumah. Pemanfaatannya beragam, ada yang menggunakannya untuk menyinari dekorasi maupun foto keluarga serta hasil karya lukis yang mengagumkan.

Selain itu juga memiliki peranan penting dalam menciptakan kenyamanan dan keamanan pada hunian. Pencahayaan juga bisa menunjang estetika tampilan rumah. Jadi sudah tidak perlu ragu lagi dalam menentukan lighting consultant untuk setiap ruangan di hunian.

Share This Story, Choose Your Platform!