Pentingnya Lighting Design Jakarta untuk Stadion Sepak Bola

Lighting design Jakarta

Ketika membahas tentang lighting design Jakarta, cakupan kebutuhannya luas. Desain pencahayaan ini bukan hanya dibutuhkan untuk ruangan di dalam rumah saja, seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur maupun taman.

Tapi juga ruangan di tempat lainnya, seperti kafe, restoran, mall, tempat ibadah, panggung bahkan stadion sepak bola. Tentunya desain yang tepat diterapkan untuk setiap tempat akan berbeda-beda.

 

Lighting design Jakarta

 

Kurang cocok bila konsep pencahayaan di rumah diterapkan untuk stadion. Ada berbagai alasan mengapa lighting design itu penting untuk stadion sepak bola. Mengenai alasan dan beberapa hal yang penting diperhatikan lebih lengkapnya akan dibahas pada uraian berikut.

Inilah Alasan Pentingnya Lighting Design Jakarta untuk Stadion Sepak Bola

Stadion sepak bola tidak terlepas dari desain pencahayaan yang tepat. Ada berbagai alasan mengapa desain pencahayaan stadion sepak bola harus tepat dengan memperhitungkan banyak aspek.

Salah satu alasan mengapa lighting design Jakarta penting adalah menghindari terjadinya kecelakaan tidak perlu akibat kurangnya tingkat keselamatan dari segi pencahayaan. Bayangkan ketika stadionnya pencahayaannya kurang dan dibuat sangat redup.

Para pemain di lapangan nantinya berpotensi mengalami kecelakaan akibat tidak bisa melihat dengan jelas medan yang ada. Selain itu juga membuat mereka menjadi kehilangan fokus akibat kurangnya pencahayaan.

Alasan lainnya, desain pencahayaan yang tepat akan memberikan kenyamanan bagi penonton saat menyaksikan pertandingan secara langsung di lapangan. Selain itu juga memberikan kenyamanan para penonton yang menyaksikannya dari televisi atau siaran langsung.

Ketika pertandingan tersebut disirakan secara langsung melalui TV, efek pencahayaan stadionnya harus tepat sesuai dengan yang sudah ditentukan. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas tayangan pertandingan sepak bola yang nantinya disaksikan oleh para penonton.

Beberapa Hal yang Penting Diperhatikan Mengenai Lighting Design Stadion Sepak Bola

Ada berbagai hal yang penting diperhatikan mengenai lighting design Jakarta untuk kebutuhan stadion sepak bola. Walaupun nantinya Anda memutuskan menggunakan jasa desain pencahayaan, tidak ada salahnya bila mengetahui beberapa hal pentingnya sebagai berikut:

  1. Harus Memenuhi Persyaratan Visual Atlet dan Wasit

Desain pencahayaan mempertimbangkan aspek visual berbagai pihak yang tentunya menjadi peserta olahraga, seperti wasit dan atlet atau para pemain. Dampak negatif pencahayaan untuk mereka harus bisa diminimalkan.

Contohnya, pencahayaan yang berlebihan atau mengakibatkan silau dan berlebihan biasanya dihindari. Ketika dibiarkan silau, akan mengganggu para peserta yang sedang memainkan pertandingan.

Bukan hanya mengganggu pandangan mata, hal ini juga memunculkan potensi terjadinya kecelakaan bagi mereka. Selain itu, mengurangi tingkat fokus para pemain dalam upaya memenangkan pertandingan.

  1. Harus Memenuhi Persyaratan Visual Penonton

Selain para pemain, penonton merupakan orang-orang yang akan menyaksikan pertandingan secara langsung. Lighting design Jakarta harus mampu memberikan kenyamanan tampilan tontonan bagi mereka.

Dampak negatif bukan hanya akan dirasakan oleh pemain di lapangan saja, tapi juga penonton. Paparan cahaya berlebih bisa membuat mata mudah merasakan pedih. Jadi, perlu diminimalisir dengan cara menerapkan metode pencahayaan yang tepat.

  1. Harus Memenuhi Persyaratan Pencahayaan Siaran Langsung

Ketika membahas siaran langsung, tidak hanya terbatas pada televisi saja. Sekarang ini siaran langsung bisa dilakukan melalui sosial media maupun platform online lain, seperti YouTube.

Apapun media yang digunakan untuk siaran langsung, tentu harus memberikan tampilan video berkualitas dengan pencahayaan tepat. Jadi, memperhatikan kenyamanan penonton bukan hanya yang menonton langsung di stadion saja, tapi juga secara online.

Tidak semua area di dalam stadion sepak bola diberikan lampu. Ada beberapa spot yang sudah dipilih untuk nantinya dipasangi lampu. Hal seperti ini tidak bisa didesain oleh sembarangan orang, hingga pada akhirnya jasa lighting design Jakarta menjadi opsi terbaik.

Share This Story, Choose Your Platform!