Manfaat Lighting Design Jakarta untuk Event Teater

Lighting design Jakarta

Lighting design Jakarta bermanfaat untuk berbagai jenis acara atau event, salah satunya teater. Pencahayaan yang tepat akan mendukung pementasan menjadi terlihat lebih menarik. Ketika pencahayaannya buruk, akan membuat tampilan pementasan menjadi kurang menarik.

Walaupun sebenarnya peran para pemain teaternya baik. Tidak bisa dipungkiri bahwa berbagai hal yang mendukung penampilan, seperti pencahayaan, properti serta audio memberikan pengaruh signifikan terhadap sebuah pementasan.

 

Lighting design Jakarta

 

Adanya lighting bisa menghidupkan dan memeriahkan suasana. Selain itu juga bisa membuat acara sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Supaya lebih paham apa saja manfaat lighting design ini untuk event teater, simak ulasan berikut.

Berbagai Manfaat Lighting Design Jakarta untuk Event Teater

Setiap desain pencahayaan memiliki manfaatnya masing-masing menyesuaikan dengan jenis acara. Hal ini relevan dengan tujuan utama penggunaannya. Untuk event teater, inilah berbagai manfaatnya yang bisa dirasakan:

  1. Memudahkan Pengaturan Efek Pencahayaan serta Fokusnya

Manfaat lighting design Jakarta pertama, memudahkan pengaturan efek pencahayaan serta fokusnya. Efek pencahayaan dalam hal ini bukan hanya sekadar menyalakan lampu saja sebagai pertanda event teater siap dimulai.

Lighting dalam acara teater peranannya tidak sesederhana demikian. Biasanya ada bagian adegan tertentu yang mengharuskan para tim dibalik layar untuk memberikan pencahayaan tersorot.

Tujuannya agar para penonton fokus dengan adegan tersebut. Ada juga jenis lighting yang difokuskan terhadap pembawa acara. Di mana cahaya akan mengikuti pergerakan pembawa acara tersebut, baik statis maupun dinamis.

Bukan hanya memfokuskan kepada objek tertentu. Pengaturan lighting juga sangat membantu menyembunyikan objek tertentu dari pandangan penonton. Bahkan bisa mengembalikan kepada konsep lighting seluruh ruangan.

Momen perlu difokuskan dan tidaknya cahaya berhubungan dengan lighting design Jakarta yang sebelumnya dibuat. Desain tepat akan sangat membantu mengarahkan perhatian para penonton selama event teater berlangsung.

Tidak bisa dipungkiri bahwa metode penggunakan permaian cahaya seperti ini paling efektif untuk membuat penonton fokus terhadap objek yang diinginkan. Metode seperti ini tidak bisa dibuat sembarangan tanpa makna alias selalu memiliki tujuan.

  1. Bisa Menghadirkan Suasana atau Emosi Tertentu

Manfaat selanjutnya, bisa menghadirkan suasana atau emosi tertentu. Sedemikian rupanya pengaturan pencahayaan mampu memunculkan emosi para pemain teater yang terlibat di dalamnya sekaligus penonton.

Salah satu alasannya karena warna cahaya berkaitan dengan psikologi. Setiap warna mempunyai makna berbeda-beda. Contohnya, hijau merupakan warna alam, biru memberikan efek menenangkan, kuning menunjukkan kebahagiaan, merah tanda bahaya.

Sedangkan putih kerap dihubungkan dengan kebersihan. Selain warna, tingkat kecerahan cahaya juga mempengaruhi suasana yang dibawakan oleh para pemain teater. Biasanya cahaya terang menunjukkan suasana pagi atau siang hari.

  1. Mempermudah Pengaturan Scene

Manfaat lighting design Jakarta untuk event teater terakhir yaitu mempermudah pengaturan scene para pemain. Biasanya dalam teater akan ada beberapa scene yang sudah diatur sebelumnya.

Di mana untuk setiap scene bisa berbeda-beda jenis pencahayaan pendukungnya. Adanya lighting bukan hanya bisa mengatur pencahayaan sesuai dengan latar tempatnya saja, tapi juga pengaturan setiap scene yang ditampilkan.

Scene tanpa lighting pendukung yang tepat akan membuat penontonnya mudah merasa bosan. Jadi, dengan metode lighting bisa membuat penonton lebih lama fokus menyaksikan event teater yang ditampilkan.

Dalam sebuah tim penyelenggara event teater, tidak selalu ada anggota yang paham dan profesional di bidang desain pencahayaan. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, pada akhirnya mereka memutuskan memilih menggunakan jasa profesional.

Menggunakan jasa yang memang sudah berpengalaman di bidangnya akan meminimalisir ketidaksesuaian lighting dengan acara. Ketika memutuskan menggunakan jasa lighting design Jakarta, pastikan memang berkualitas dan terpercaya.

Share This Story, Choose Your Platform!