Lighting Design Surabaya Vintage untuk Interior Klasik Optimal

Lighting design Surabaya

Lighting design Surabaya vintage telah menjadi tren populer dalam beberapa tahun terakhir, khususnya untuk interior klasik. Seperti pada cafe, restoran, bengkel, dan tempat tempat lainnya.

Dengan karakteristik unik dan klasik, pencahayaan vintage dapat menciptakan suasana yang berbeda dan menarik. Namun, perlu untuk menciptakan desain pencahayaan optimal untuk menghasilkan hasil tersebut.

 

Lighting design Surabaya

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk itu. Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan desain pencahayaan bernuansa vintage yang optimal untuk interior klasik ruangan Anda.

Tips Lighting Design Surabaya Vintage untuk Interior Klasik Optimal

Tips untuk mengatur desain pencahayaan atau penerangan optimal bernuansa vintage bagi ruangan Anda bisa langsung disimak pada artikel ini. Makanya langsung saja ikuti arah pembahasannya.

1.     Pilihlah lampu yang sesuai

Dimulai dari pemilihan lampu yang merupakan salah satu faktor penting dalam desain pencahayaan vintage. Pilihlah lampu dengan bentuk dan desain klasik, seperti lampu gantung, lampu meja, atau lampu dinding dll.

Tentu untuk makin mengentalkan suasana jaman dulu, penggunaan warna lampu harus hangat serta lembut. Seperti pada warna kuning atau oranye karena jaman dahulu warna-warnanya tersebut.

2.     Ciptakan layering penerangan

Selanjutnya, jangan lupa untuk menciptakan layering penerangan. Merupakan teknik penerangan yang mengombinasikan beberapa jenis lighting design Surabaya dalam satu ruangan.

Teknik ini berguna untuk menciptakan suasana lebih dramatis dan menarik. Dalam desain penerangan vintage, Anda dapat menciptakan layering pencahayaan dengan mengombinasikan beberapa lampu gantung atau lampu dinding di satu ruangan.

Pergunakan lampu dengan warna dan tingkat kecerahan yang berbeda-beda untuk menciptakan suasana berbeda-beda pula. Ini akan makin membuat kental suasana jaman dahulu alias lebih retro.

3.     Buat fokus penerangan

Selanjutnya, pilihlah area tertentu dalam ruangan yang ingin diberikan fokus pencahayaan, seperti lukisan dinding, furnitur klasik, atau benda dekoratif lainnya.

Dengan memberikan fokus pencahayaan pada area tertentu, akan menciptakan suasana yang lebih menarik dan fokus. Tentu saja tertuju dengan barang klasik yang terlihat lebih mewah.

4.     Hindari penerangan yang terlalu terang

Tips lighting design Surabaya selanjutnya harus hindari pencahayaan terlalu terang. Sebab dengan berani memasang sedikit saja penerangan tersebut, mampu membuat kesan retro jadi hilang ke arah lebih modern.

Lebih disarankan menggunakan warna vintage seperti yang disarankan sebelumnya, sebab kesan dari warna tersebut akan cenderung hangat dan menciptakan suasana klasik ala ala jaman dahulu.

5.     Perhatikan keseimbangan penerangan

Keseimbangan dalam penerangan adalah hal yang penting dalam desain klasik optimal. Jadi, pastikan setiap sudut ruangan tercakup oleh pencahayaan, sehingga menciptakan suasana yang merata dan nyaman bagi penghuni ruangan tersebut.

Anda bisa mengatur sendiri sesuai taste, tapi dengan meniru dari cafe-cafe klasik akan memberikan inspirasi lebih banyak. Coba pergunakan lampu-lampu klasik untuk digabungkan satu ruangan.

6.     Perhatikan skala ruangan

Terakhir, tips lighting design Surabaya dengan memperhatikan skala ruangan, sehingga menciptakan harmoni keseimbangan lebih tepat. Jangan menggunakan lampu terlalu besar untuk skala kecil dan sebaliknya.

Sebab itu akan mempengaruhi distribusi cahaya apakah akan berlebihan atau kurang. Intinya pastikan ukuran lampu sesuai dengan ukuran ruangan demi menciptakan harmoni dan keseimbangan tepat.

Jika masih belum bisa menyesuaikan, selalu ada fit ukuran lampu untuk ukuran ruangan berapa. Jadi bisa membaca informasi mengenai itu agar penerangan makin maksimal dibuatnya.

Kesimpulannya, perlu untuk memilih lampu sesuai, menciptakan layering pencahayaan, membuat fokus pencahayaan, menghindari pencahayaan yang terlalu terang, dan memperhatikan skala ruangan untuk atur lighting design Surabaya vintage agar makin optimal.

Share This Story, Choose Your Platform!