Proyek yang Ditangani Lighting Consultant dan Tantangannya

Lighting Consultant

Sebagai lighting consultant tentunya harus bisa memecahkan segala jenis permasalahan penerangan. Jasa profesional dalam bidang penerangan akan memberikan saran terbaik demi kepentingan kliennya, supaya bisa menciptakan ruangan nyaman.

Faktor yang harus diperhatikan diantaranya jenis bangunan, fungsi ruangan, serta pewarnaan dinding. Berbagai informasi tersebut akan membantu proses pengerjaan agar hasil akhirnya bisa sesuai keinginan klien.

 

Lighting Consultant

 

Layaknya pekerjaan lain, konsultan penerangan ini memiliki tantangan pekerjaan tersendiri. Lalu seperti apa proyek yang ditangani? Tantangan pekerjaan macam apa yang harus diselesaikan jasa konsultan penerangan?

Berbagai Macam Proyek Lighting Consultant

Ciri-ciri konsultan terpercaya adalah proyek skala besar maupun skala kecil dapat dituntaskan secara profesional. Ada berbagai proyek pembangunan yang dapat dihandle oleh konsultan lighting, yaitu:

1.     Bangunan Rumah

Sistem pencahayaan yang dibutuhkan pada bangunan rumah berupa ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan halaman. Demi mendapatkan target hunian nyaman bagi kliennya, konsultan harus memperhitungkan bangunan serta efisiensi energinya.

2.     Gedung Kantor

Gedung kantor butuh lighting consultant karena skala bangunannya besar. Bila bangunan ditangani oleh profesional, maka mampu mempersempit kemungkinan terjadi konslet arus listrik akibat arus tidak stabil.

3.     Pabrik

Sama seperti gedung kantor, pabrik sebagai gedung berskala besar membutuhkan jasa ini supaya dapat menghemat pengeluaran listrik. Selain itu, konsultan dapat memberi saran yang tepat terhadap beberapa penerangan ruangan 24/7.

4.     Hotel

Pada sistem rancangan pencahayaan hotel dan penginapan, jasa konsultasi profesional harus berdiskusi mengenai tema tempat. Proses diskusi yang baik mampu menghasilkan rancangan penerangan optimal sesuai tema.

5.     Acara Pertunjukan

Biasanya jasa lighting consultant dibutuhkan ketika ada pertujukan besar seperti konser. Acara besar tentunya membutuhkan sistem penerangan dramatis demi meraup antusiame penonton, serta mengantarkan kesuksesan acara.

6.     Perencanaan Tata Kota

Menghias kota tidak jauh-jauh dari peran lampu. Apalagi pembuatan taman kota lebih indah jika dihiasi lampu kerlap-kerlip yang nyala di malam hari. Selain taman, jalan protocol juga biasanya dihiasi lampu.

Tantangan Pekerjaan yang Dihadapi Lighting Consultant

Bila diperhatikan, tantangan pekerjaan jasa konsultasi penerangan tidak hanya seputar pencahayaan saja. Tetapi juga harus memahami sekaligus menjembatani keinginan klien demi keselamatan. Selain itu, ada beberapa tantangan pekerjaan konsultan pencahayaan:

1.     Menyesuaikan Kebutuhan Klien dengan Keselamatan

Lighting consultant profesional harus memprioritaskan keselamatan klien dalam jangka panjang. Apabila sedang menyarankan bukan berarti mau merubah desain bangunan, akan tetapi ada ketidaksesuaian tentang perhitungan desain dan kebutuhan optimasi cahaya.

2.     Harus Memahami Konstruksi Ruangan

Dengan memahami desain serta konstruksi ruangan, maka akan mudah menentukan tipe lampu, sumber cahaya, serta ruangan yang pencahayaannya intensif. Proses identifikasi konstruksi juga dapat mencegah masalah pencahayaan.

3.     Selalu Update

Pada jaman sekarang, ada banyak teknologi baru dalam sistem pembuatan pencahayaan dengan suguhan visual menarik. Mempelajari teknologi bisa membantu memberi solusi penerangan lebih efisien dan efektif untuk klien.

4.     Mampu Menyeimbangkan Fungsi Ruangan dan Estetikanya

Tantangan lighting consultant selanjutnya teruji ketika dihadapkan pada situasi harus mampu menyeimbangkan fungsi dan estetika ruangan. pemasangan desainnya tidak hanya menarik dipandang, tapi harus tampak estetik.

5.     Menghitung Biaya Operasional

Selain menonjolkan keindahan, jasa konsultasi penerangan harus mampu menghitung besaran biaya operasional supaya klien dapat hemat energi. Dalam memberikan rekomendasi pada klien tentunya harus disertai pertimbangan biaya perawatan jangka panjang.

Saran yang diberikan pada klien harus sesuai kematangan pertimbangan biaya, desain, maupun analisis keselamatannya. Dengan begitu lighting consultant akan selalu bersikap profesional dalam mengerjakan tugasnya.

Share This Story, Choose Your Platform!