Cara Kerja Lighting Consultant Solusi Efisiensi Energi

Lighting consultant

Ketika Anda merasa bingung dengan desain penerangan rumah, jasa lighting consultant bisa menjadi solusi. Kemampuannya dalam mendesain pencahayaan sesuai fungsi ruangan jelas sangat membantu Anda.

Tidak hanya masalah penerangan, jasa konsultan terbaik akan membuat Anda menghemat pengeluaran listrik. Pengetahuan dan penerapan berbagai teknologi terbaru membantu rancangan pencahayaan. Jik Anda penasaran tentang jasa penerangan, simak pembahasan berikut.

 

Lighting consultant

 

Cara Kerja Lighting Consultant dalam Efisiensi Energi

Jasa konsultan penerangan memiliki pengetahuan luas mengenai pembuatan rancangan penerangan ruangan. Tugasnya memberikan saran tentang pencahayaan yang tepat bagi ruangan. Di samping itu, jasa ini memungkinkan Anda menghemat pengeluaran listrik.

Sebagai pemilik hunian, Anda tentunya menginginkan pencahayaan optimal dengan meningkatkan efisiensi ruangan. Sistem penerangan yang tepat dapat menghemat energi dalam jangka panjang. Lalu bagaimana cara lighting consultant meningkatkan efisiensi energi?

1.     Memilih Jenis Lampu

Konsultan penerangan akan memilih jenis lampu menyesuaikan kebutuhan ruangan. Setiap ruangan membutuhkan cahaya cukup supaya penghuni bisa beraktivitas dengan nyaman. Ada beberapa cara dalam pemilihan jenis cahaya demi hemat energi:

  1. Memperhitungkan watt. Jasa konsultan akan menghitung watt supaya bisa menentukan banyaknya cahaya untuk menerangi ruangan secara efisien.
  2. Ketepatan penempatan lampu. Menempatkan cahaya pada lokasi yang tepat bisa membantu cahaya menyebar rata. Misalnya, bila tidak ingin ada bayangan maka tidak memberikan cahaya pada tempat tinggi.
  3. Memakai pengontrol. Hadirnya pengaturan pencahayaan akan lebih efisien.

Beberapa jenis lampu yang biasa digunakan lighting consultant adalah LED (Light Emitting Diode), neon, CFL, dan skylight. Pemilihan jenis lampu yang tepat akan mengurangi pemakaian energy secara signifikan.

2.     Memaksimalkan Cahaya Alami

Jasa konsultan penerangan terbaik akan memperhatikan tata letak bangunan supaya bisa memaksimalkan cahaya alami yang masuk. Selain itu, akan menyarankan Anda untuk menggunakan cat dinding cerah supaya cahaya dapat reflektif.

Lighting consultant juga akan memaksimalkan kinerjanya dengan pemakaian bahan material polikarbonat, supaya cahaya bisa masuk. Selain itu, ada juga sistem pengaturan yang tersedia guna mengatur cahaya sesuai kondisi.

Cara konsultan penerangan memaksimalkan penerangan selanjutnya dengan memastikan posisi jendela dengan ukuran sesuai berada di tempat strategis. Menghindari penghalang yang tinggi juga dapat mengoptimalkan penerangan alami.

3.     Merancang Sistem Pencahayaan Ruangan

Jasa penerangan profesional akan mengumpulkan informasi mengenai jenis ruangan, fungsi ruangan dan preferensi dari Anda. Dengan begitu, dapat menarik analisis kebutuhan sistem pencahayaan seperti jenis lampu yang dibutuhkan setiap ruangan.

Kemudian rancangan layout pencahayaan ruangan dan arahnya juga diperhitungkan. Setelah semuanya selesai, jasa tersebut tidak lepas tangan begitu saja melainkan melakukan tes uji coba serta pemantauan berkala.

Misalnya, ruang keluarga membutuhkan lampu gantung, lampu meja pada atas nakas, dan memasang lampu dinding demi fungsi estetika. Berbeda dengan kamar tidur yang hanya membutuhkan cahaya pada plafon.

Sementara pada ruang makan, lampu gantung akan memberi kesan hangat ketika berkumpul. Dengan adanya lampu tambahan pada sisi ruangan, ruang makan akan menjadi lebih nyaman.

4.     Memanfaatkan Teknologi Terbaru

Lighting consultant terbaik akan menggunakan teknologi guna mempertimbangkan biaya produksi, ketersediaan bahan serta aspek keselamatan penghuni. Ada beberapa jenis lampu berteknologi tinggi yang dapat meningkatkan efisiensi energi, berikut alasannya:

  1. Dipilih karena tahan lama.
  2. Merupakan lampu paling terang (neon).
  3. Fiber Optic. Kemampuannya dalam mengarahkan cahaya dari sumbernya menuju tempat yang diinginkan.
  4. Mengandalkan elektromagnetik untuk menghasilkan cahaya.
  5. Merupakan bahan organic dalam menghasilkan penerangan.

Dengan mengandalkan sitem rancangan penerangan dari jasa konsultan berkualitas, Anda dapat menghemat biaya pengeluaran listrik. Adanya teknologi dari lighting consultant juga membantu Anda mengurangi emisi karbon.

Share This Story, Choose Your Platform!