Tips Mengatur Lighting Design Bali untuk Kamar Tidur Anak

Lighting design Bali

Jika anak sudah memiliki kamar tidur sendiri, orang tua sebaiknya memahami cara mengatur lighting design Bali dengan benar. Hal tersebut dilakukan demi memberikan kenyamanan bagi si kecil di ruangannya.

Terlebih ruangan ini akan menjadi tempat bagi anak-anak untuk belajar, bermain, hingga beristirahat setiap harinya. Jika pencahayaannya kurang maksimal, tentu mereka akan merasa kurang nyaman dalam beraktivitas maupun beristirahat.

 

Lighting design Bali

 

Hal tersebut bahkan sudah dibuktikan oleh para ahli bahwa anak akan merasa nyaman kalau penerangan di kamarnya sesuai. Maksud dari sesuai adalah cahayanya tidak terlalu terang serta tidak terlalu redup.

Mengatur Lighting Design Bali di Kamar Anak, Seberapa Penting?

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kualitas belajar siswa dipengaruhi oleh pencahayaan ruang kelas. Ketika pencahayaannya pas, siswa merasa lebih rileks, konsentrasi, tidak mengantuk, dan lebih termotivasi untuk belajar.

Penerangan yang baik ialah adanya perpaduan antara cahaya alami siang hari dengan cahaya buatan. Jika sekolah mampu memadukan keduanya secara baik, performa siswa akan ikut meningkat.

Sama halnya dengan kamar tidur karena anak-anak biasanya akan belajar di ruangan tersebut sehingga tata cahayanya harus diperhatikan. Terlebih mereka pastinya juga membutuhkan suasana rileks ketika tidur pada malam hari.

Oleh sebab itu, pengaturan lighting design Bali di kamarnya sangat penting untuk diperhatikan setiap orang tua. Jika terlalu redup, anak akan terganggu dalam belajar dan beraktivitas lainnya.

Tidak hanya itu, risiko terjatuh, terpeleset, dan bahaya lainnya juga lebih tinggi kalau ruangannya cenderung gelap. Suasana redup hanya diperlukan saat mereka hendak tidur karena akan membuatnya lebih mudah terlelap.

Pada malam hari, hormon melatonin akan dilepaskan ke tubuh, tetapi pelepasannya akan tertekan kalau terlalu banyak cahaya. Selain itu, hormon-hormon pertumbuhan juga menjadi lebih aktif sehingga tidur nyenyak adalah kuncinya.

Mengatur Lighting Kamar Tidur Anak, Begini Tipsnya

Berdasarkan ulasan sebelumnya, dapat diketahui bahwa lighting sangat berpengaruh terhadap anak dalam belajar hingga beristirahat. Maka dari itu, diperlukan beberapa tips mengatur cahayanya demi kenyamanan si kecil.

1.     Menerangi Seluruh Ruangan

Tips pertama dalam mengatur lighting design Bali untuk kamar tidur anak ialah menggunakan lampu yang menyinari seluruh ruangan. Hal tersebut dilakukan apabila anak-anak menjadikan kamarnya sebagai tempat bermainnya.

Dengan tips ini, seluruh ruangan termasuk objek akan terlihat jelas sehingga mengurangi risiko terjadinya bahaya, seperti tersandung hingga terpeleset. Agar cahayanya terpancar menyeluruh, lampunya dapat dipasang di langit-langit.

2.     Sesuaikan Aktivitasnya

Secara umum, lighting di ruangan satu ini terbagi menjadi tiga, yakni ambient, task, serta accent. Ambient sudah dijelaskan pada poin pertama, sedangkan task lighting difungsikan menerangi aktivitas tertentu, seperti belajar.

Sementara itu, accent merupakan pencahayaan tambahan sebab fungsinya adalah sebagai penghias. Biasanya accent dipasang di tempat-tempat tertentu, misalnya di pinggiran lemari atau sebagai hiasan dinding.

3.     Gunakan Lampu Redup

Tips mengatur lighting design Bali selanjutnya adalah menggunakan lampu redup pada malam hari. Hal tersebut penting ketika si kecil tidur sehingga dapat membuat tidurnya lebih lelap.

4.     Pertimbangkan Keamanan

Dalam memilih pencahayaan, jangan sampai lupa untuk mempertimbangkan segi keamanan bagi anak. Disarankan menggunakan lampu berlapis kap kayu sehingga tidak gampang pecah dan memastikan tidak ada kabel yang berantakan.

5.     Perhatikan Letak Jendela

Selain cahaya buatan, diperlukan juga cahaya alami, salah satu sumbernya adalah sinar matahari lewat jendela. Penempatan jendelanya harus pas, misalnya tidak dekat ranjang sehingga anak tidak merasa kegerahan.

Pertumbuhan sekaligus perkembangan anak tidak terlepas dari faktor pencahayaan di kamarnya. Oleh sebab itu, perhatikan 5 tips mengatur lighting design Bali di atas demi memberikan kenyamanan kepada si kecil.

Share This Story, Choose Your Platform!