Daftar Layanan Lighting Consultant yang Bisa Dipakai

lighting consultant

Lighting consultant merupakan orang yang berada di balik layar dan bertanggung jawab terhadap keberfungsian tata cahaya. Umumnya, dibutuhkan dalam sebuah acara konser, teater, bahkan mendesain pencahayaan sebuah bangunan/rumah.

Meskipun profesi ini jarang diketahui oleh orang awam, namun gaji dari profesi ini cukuplah besar. Terutama, saat digelar acara-acara besar yang menghadirkan tamu/penonton dari seluruh dunia.

 

lighting consultant

 

Lighting consultant merupakan seorang penata cahaya yang berperan mengatur pencahayaan dalam konser, film/teater, dekorasi pernikahan, bahkan tata cahaya bangunan. Biasanya, juga digunakan untuk penggarapan film atau teater, yang bekerja secara langsung dengan sutradara, art director, music director, dan teknisi lampu.

Konsultan lighting bertugas untuk menghasilkan pencahayaan yang tepat sesuai naskah. Dengan begini, konsultan lighting juga perlu membaca dan review naskah atau sebuah konser.

Daftar Layanan dari Konsultan Lighting Consultant

Untuk bisa menyuguhkan penampilan yang mewah dan memukau terhadap pencahayaan, maka seorang konsultan lighting designer harus bisa menjalankan beberapa tugas. Berikut ini sudah ada daftar layanan yang biasanya dilakukan oleh \ consultant.

  1. Menentukan Jenis Lampu yang Dipakai dan Jumlahnya

Konsultan lighting akan menentukan jenis lampu dan jumlah agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Setiap jenis lampu mempunyai fungsinya masing-masing, sehingga konsultan lighting harus bisa menempatkan lampu sesuai kegunaannya agar berfungsi maksimal.

  1. Menentukan Warna yang Digunakan

Dengan menentukan warna yang akan digunakan berarti berguna agar pesan dari dialog atau lirik baik hunian maupun pertunjukan akan relate. Misalnya saja, warna biru bisa memberikan makna merasa emosional, sensitif, dan terkadang sedih.

Sedangkan warna merah bisa memberikan atmosfer lebih semangat dan bahagia. Sehingga pencahayaan yang dilakukan lighting consultant memberikan manfaat.

  1. Mengatur Arah Penyorotan Lampu

Konsultan lighting juga akan mengarahkan penyorotan lampu. Jadi, saat artis/penyanyi sedang membawakan lagu dengan tempo lambat maka bisa disertai permainan piano.

Sehingga lampu akan diarahkan ke arah artis dan alat musik yang sedang dimainkan tersebut. Hal ini dilakukan agar lebih fokus penonton tertuju pada artis. Contoh lainnya, saat penyanyi membawakan lagu dengan tempo cepat bersama dancer atau penari latar.

Maka konsultan lighting harus mengatur bagaimana agar penyanyi tetap menonjol daripada penari latar. Umumnya lampu yang akan disorot diarahkan dari atas ke arah penyanyi saja. Sehingga akan terkesan lebih natural dan megah.

Selain beberapa layanan di atas ternyata juga ada tanggung jawab lainnya dari lighting consultant. Jadi meskipun terlihat hanya bertanggung jawab terhadap tata pencahayaan, seorang konsultan lighting tidak hanya berkutat pada hal tersebut saja.

Terdapat beberapa tanggung jawab lain yang umumnya dilakukan oleh konsultan lighting. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait tanggung jawab konsultan designer.

  • Melakukan koordinasi dengan sutradara, art director, music director untuk bisa menghasilkan tampilan yang telah ditentukan.
  • Membuat sebuah desain perencanaan tata cahaya untuk konser, film atau teater, atau bila ada proyek properti maka tata cahaya rumah atau bangunan.
  • Dapat membuat hitungan budget pemakaian energi dan listrik dari lampu yang digunakan.
  • Dapat membuat budget untuk pembelian peralatan pencahayaan yang dibutuhkan untuk produk.
  • Dapat membuat dan mengatur plot atau alur yang menandakan perubahan dalam pencahayaan. Sehingga nantinya akan menghasilkan eksekusi yang tepat.
  • Dapat memastikan peralatan yang digunakan sudah sesuai dan siap untuk digunakan serta mengawasi jalannya proses lighting ketika produksi berjalan.

Jadi dari beberapa layanan yang ada di atas bisa Anda dapatkan jika menggunakan jasa konsultan lighting. Lighting consultant ini memang benar-benar memberikan banyak manfaat.

Share This Story, Choose Your Platform!