Manfaat Lighting Design Jakarta untuk Rumah Minimalis

lighting design Jakarta

Lighting design Jakarta merupakan salah satu aspek penting yang harus ada dalam desain rumah dan menjadi nilai rumah itu sendiri. Tata letak cahaya yang optimal dibutuhkan untuk membuat tata kelola yang tepat dan hal ini akan berpengaruh pada penentuan fungsi dari ruangan tersebut.

Kualitas penerangan yang dihasilkan oleh sistem pencahayaan juga sangat menentukan kenyamanan pengguna ruang. Apabila kualitas penerangan buruk kemungkinan akan menjadi penghambat aktivitas ketika menggunakan ruangan tersebut.

 

lighting design Jakarta

 

Mengetahui Manfaat Lighting Design Jakarta

Ketika menata interior sebenarnya bergantung juga pada sistem pencahayaan yang digunakan agar ruangan memiliki kesatuan konsep design yang sesuai. Agar lebih jelasnya simak berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan lighting design Jakarta.

1.     Kesehatan

Ternyata sistem pencahayaan yang optimal bisa membantu menghindari gangguan kesehatan mata yang diakibatkan oleh iritasi, mata silindris atau rabun jauh. Maka dari itu penting untuk memastikan sistem pencahayaan di setiap ruangan telah terpenuhi untuk menunjang berbagai kebutuhan aktivitas pengguna ruang.

Sistem pencahayaan juga dapat mempengaruhi kesehatan bangunan, karena kualitas penerangan yang baik bisa menjaga tingkat kelembaban ideal. Dengan begitu ruangan akan terjaga dari bakteri dan elemen bangunan juga tetap kokoh terhindar dari kerusakan karena ruangan lembab.

2.     Mendukung Fungsi Ruang

Pencahayaan juga bisa memberikan fungsi yang berbeda, mendukung aktivitas pengguna dan berpengaruh pada setiap ruangan yang menggunakan lighting design Jakarta. Misalnya Ambient lighting memberikan penerangan sentral.

Accent lighting memberikan penerangan yang fokus pada satu area atau ruangan tertentu seperti area kerja dan meja belajar. Hal ini akan berpengaruh pada penciptaan mood sehingga lebih baik pencahayaan tersebut digunakan secara terpisah.

Hal ini dilakukan untuk menghasilkan pencahayaan yang lebih optimal. Ambient lighting misalnya dapat menerangi seluruh ruangan namun berfungsi sebagai dasar pencahayaan sehingga membutuhkan dukungan accent lighting.

3.     Terapi

Sistem pencahayaan yang tepat dan menarik ternyata juga memiliki kegunaan sebagai salah satu alat terapi penerangan pikiran atau self healing. Fungsi ini akan membuat nilai rumah menjadi semakin maksimal sebagai tempat beristirahat, relaksasi dan menenangkan pikiran dengan memanfaatkan sistem pencahayaan yang tepat.

4.     Membuat Ilusi Pada Ruangan

Sistem pencahayaan yang sesuai bisa menciptakan ilusi menarik, contohnya ruang makan dan dapur menjadi terlihat lebih luas jika dilengkapi dengan lighting design Jakarta yang sesuai.

Ruangan yang sempit membutuhkan intensitas cahaya yang besar agar bisa terlihat lapang, jika menggunakan cara pencahayaan yang redup akan membuat ruangan menjadi pengap.

Salah satu cara untuk membuat ilusi ruang yang lebih luas bisa menggunakan sistem pencahayaan alami seperti jendela kaca atau skylight sebagai sumber pencahayaan sentral. Selain itu bisa juga menggunakan sistem pencahayaan buatan dengan menambahkan lampu dinding di sudut ruangan untuk menambah kesan luas.

5.     Suasana untuk Setiap Momen

Setiap ruangan memiliki fungsi yang berbeda sehingga membutuhkan kesan dan suasana yang berbeda juga, hal ini bisa dilakukan dengan pencahayaan yang sesuai. Sistem pencahayaan yang berbeda bisa menghasilkan efek dan intensitas pencahayaan yang bermanfaat untuk memaksimalkan setiap momen di dalam ruangan.

Misalnya ketika berada di ruang makan bisa menggunakan pencahayaan yang lebih terang agar suasana menjadi lebih semangat dan lebih cerah. Sementara di ruang belajar bisa menggunakan pencahayaan untuk area tertentu agar bisa memberikan fokus dalam proses belajar.

Namun tentunya berbagai manfaat lighting design tersebut bisa Anda dapatkan jika melakukan konsultasi pada jasa konsultan pencahayaan yang tepat. Pastikan Anda menggunakan jasa konsultan pencahayaan untuk membuat lighting design Jakarta rumah minimalis terbaik.

Share This Story, Choose Your Platform!