Kelebihan Lampu Downlight pada Pencahayaan Interior

Kelebihan lampu downlight

Banyaknya kelebihan lampu downlight menjadikan jenis penerangan ini semakin populer dalam desain interior. Meskipun jenis bohlam downlight sudah ada sejak tahun 1930-an, namun penggunaannya di Indonesia masih terbilang baru.

Lampu jenis tersebut awalnya hanya sering ditemui pada pusat perbelanjaan, hotel dan kantor saja. Namun keberadaannya kini semakin diminati di berbagai hunian. Terutama dalam hunian bergaya modern minimalis.

Kepopuleran penggunaannya tentu disebabkan banyaknya benefit yang didapatkan. Selain faktor estetik dalam desain interior ternyata keberadaannya memiliki banyak kelebihan untuk digunakan. Oleh karenanya simak kelebihan lampu downlight dalam artikel berikut.

 

Kelebihan lampu downlight

 

Pengertian Lampu Downlight dan Jenisnya

Sebelum mengenal kelebihan lampu downlight, sebaiknya kenali dulu pengertiannya. Downlight yaitu pencahayaan yang diletakkan tersembunyi atau masuk di dalam plafon langit-langit ruangan.

Jenis pencahayaan downlight semakin diminati di berbagai hunian modern. Hal ini sebab cahaya yang terpancar dinilai lebih efektif menunjukkan keindahan perabot beserta detailnya. Ada empat varian jenis yang beredar di pasaran, yaitu:

  1. Downlight outbow, terpasang di luar plafon dan biasa digunakan pada area outdoor
  2. Downlight slim, ukurannya relative tipis, biasa digunakan untuk mall dan berbagai pusat perbelanjaan.
  3. Downlight inbow, terpasang di dalam plafon, biasa digunakan untuk hunian modern
  4. Downlight spot, ditujukan untuk memfokuskan cahaya pada objek tertentu, sehingga biasa digunakan di hotel, galeri seni, atau museum.

Berikut Ini Kelebihan Lampu Downlight

Setelah mengenal pengertian dan juga berbagai varian lampunya, tentu Anda mulai mendapat gambaran mengenai penerangan ini. Keberadaannya yang semakin menjamur penggunaannya disebabkan beberapa kelebihan berikut.

  1. Pencahayaan Lebih Fokus

Kelebihan lampu downlight pertama yaitu pencahayaannya lebih fokus. Pencahayaan ini dapat diatur untuk menyorot satu objek secara khusus. Letaknya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan karena tidak harus berada di tengah ruang. Misalnya diletakkan di atas guci, lukisan, lemari buku dan perabot lain yang mau ditonjolkan.

Sedangkan bila ingin mendapatkan pencahayaan yang merata di ruangan, maka gunakan beberapa bohlam mengelilingi plafon dengan susunan baris lurus. Susunan ini akan menciptakan meratanya penerangan dalam ruang.

  1. Sinar Lebih Terang

Penggunaan penerangan ini akan memberikan intensitas cahaya yang lebih terang. Tidak hanya ruangan yang terang, namun biasanya plafon yang terpasang ini juga akan terlihat lebih luas sebab tidak adanya bohlam tergantung di atasnya.

Sebab pemasangan lampu tersebut tidak hanya pada satu titik maka cahayanya akan lebih tersebar dengan baik. Sehingga tidak ada sudut ruangan yang lebih redup dibanding area lain.

  1. Variasi Desain Beragam

Variasi untuk jenis ini memiliki desain beragam pilihan bentuk. Ada bohlam berbahan kaca, kristal, komposit, tembus pandang dan inovasi lainnya. Selain bentuk dan bahan, variasi pada warna juga beragam.

Sehingga lampu tersebut dinilai memiliki estetika lebih indah dibanding bohlam-bohlam biasa. Sebab itu jugalah banyak yang pindah haluan beralih ke penerangan jenis ini.

  1. Warna lebih Natural

Kelebihan lampu downlight berikutnya yaitu warna lebih natural. Contohnya jika Anda memilih lampu tipe LED, cahaya pancarannya akan jauh lebih nampak alami. Tentunya akan memberikan tampilan warna alami pada perabot untuk memantulkan cahayanya.

Sebab itulah, penerangan tersebut sangat cocok pada ruangan dengan konsep minimalis modern. Tampilannya tidak berlebihan namun tetap elegan.

Warna sinar yang tampak natural juga kerap digunakan sebagai background pada foto. Sehingga pantulannya akan menambah kesan estetik yang sempurna.

  1. Perawatan tidak Sulit

Tampilannya yang tersembunyi pada plafon membuat kebanyakan orang berpikir perawatannya akan sulit. Padahal maintenance bohlam jenis tersebut sebenarnya cukup mudah.

Anda hanya perlu melakukan pembersihan pada mangkuk bohlam secara berkala untuk menjaga fungsinya tetap maksimal. Selain perawatan, penggantiannya juga cukup mudah seperti pada lampu jenis lain.

Mengetahui pengertian lampu downlight, variasi jenis hingga berbagai keunggulan tentu akan membuat Anda semakin tertarik untuk beralih pada penerangan ini. Namun untuk memilih dan memasangnya barangkali Anda membutuhkan kami, PT Anak Panah Perkasa.

PT Anak Panah Perkasa sudah dikenal sebagai distributor lampu berkualitas serta jasa konsultan lighting. Hubungi nomor (021) 21194797, kami siap membantu Anda untuk mendapatkan kelebihan lampu downlight dalam memaksimalkan pencahayaan interior.

Share This Story, Choose Your Platform!