Tips Menemukan Distributor Lampu yang Terpercaya

distributor lampu

Bagi pemilik toko atau usaha dalam bidang listrik, distributor lampu merupakan hal penting untuk dimiliki. Apalagi kebutuhan akan lampu atau pencahayaan selalu ada, karena itu bisnis ini akan terus berjalan dan memberikan keuntungan cukup menjanjikan.

distributor lampuKarena pencahayaan sudah menjadi kebutuhan utama atau primer dalam kehidupan masyarakat, maka para pemilik toko juga menggantungkan diri kepada para distributor agar rotasi bisnis dapat berjalan baik dan memberi keuntungan.

Namun Anda harus ekstra hati-hati ketika mencari distributor. Hal ini penting karena beberapa penyedia ini tidak memberikan layanan sesuai atau lengkap. Jika demikian, Anda sebagai pemilik usaha maupun konsumen lampu akan merasa dirugikan.

 

Tips Dalam Menemukan Distributor Lampu

Para distributor merupakan pihak penting untuk menjaga kualitas lampu pesanan Anda. Merekalah menjadi tangan atau rantai pertama sejak lampu atau pencahayaan diproduksi. Oleh karena itu, di bawah ini kami berikan beberapa tips agar Anda bisa menemukan distributor terbaik.

  1. Memiliki Alamat dan Kontak Jelas

Cara pertama ini sangat penting dan berlaku juga untuk bidang bisnis selain distributor. Anda akan bertransaksi dalam jumlah uang cukup besar, sehingga alamat dan kontak bisa membantu melihat keseriusan bisnis dan untuk keperluan lainnya.

Anda dapat meminta alamat dan kontak mereka secara online, berdasarkan keterangan di website, media sosial, atau Google. Selain itu juga bisa dengan bertanya secara langsung. Jika distributor lampu ini bersedia, paling tidak ini menunjukkan bahwa mereka tidak menutup-nutupi atau berperilaku mencurigakan.

  1. Memastikan Kualitasnya

Selanjutnya, dapat dengan melihat apakah mereka distributor atau supplier berkualitas. Caranya adalah dengan melakukan riset atau mencari informasi lengkap melalui internet. Anda juga isa bertanya kepada rekan-rekan bisnis dengan bidang yang sama.

Anda harus memastikan bahwa kualitas dari lampu mereka bagus, sehingga para konsumen di toko dapat berubah menjadi pelanggan. Hindarilah untuk bekerja sama dengan distributor dengan kualitas yang masih abu-abu atau belum terjamin.

Hal ini dapat mempertaruhkan reputasi dari toko Anda sendiri. Jika mendapatkan barang yang rusak atau jelek, tentu pelanggan akan kecewa sehingga tidak mau berbelanja lagi kepada Anda.

  1. Mengecek Review atau Testimoni

Setelah mengetahui mengenai keberadaan dan perkiraan mengenai kualitas produk dari distributor lampu incaran, lanjutkan dengan mengecek testimoni atas pelayanan mereka.

Beberapa distributor menawarkan benefit tertentu bagi pihak yang bekerja sama, sehingga hal ini tentu menggiurkan. Pastikanlah terlebih dahulu mengenai klaim atau janji dari distributor tersebut.

Anda bisa mencari tahu melalui orang-orang atau toko yang pernah bekerja sama atau menjadi mitra mereka. Anda bisa bertanya tentang berbagai hal, mulai dari kualitas barang hingga pelayanan ketika terjadi masalah. Dengan begini, maka potensi mendapatkan mitra terbaik akan lebih besar.

  1. Melihat Stok Produk

Agar bisnis dapat terus berjalan, maka ketersediaan barang atau stok dari distributor lampu harus selalu ada dan jelas keterangannya. Secara umum, para distributor akan memiliki stok barang dalam jumlah banyak.

Sehingga ketika Anda membutuhkannya, barang bisa diproses dan dikirim langsung. Apabila mereka terkendala dalam menyediakan stok, hal ini bisa menjadi lampu merah. Ketiadaan barang dari mereka dapat menghambat jalannya bisnis.

Terutama ketika permintaan dari konsumen sedang naik-naiknya. Hal ini dapat mengurangi risiko Anda gagal mendapat konsumen dan keuntungan lebih banyak.

  1. Kecepatan Pengiriman

Saat berada dalam masa-masa penjualan tinggi, maka kebutuhan untuk mendapatkan stok dalam waktu cepat menjadi penting. Sehingga Anda tidak kehilangan momen untuk mendapat pelanggan. Apalagi persaingan bisnis cukup ketat.

  1. Melihat Aturan dan Kontrak Kerja Sama

Ketika bergabung sebagai mitra dari sebuah distributor lampu, maka akan ada perjanjian atau aturan antara kedua belah pihak dan harus disepakati demi kelancaran kerja sama ke depannya.

Oleh karena itu Anda harus membaca dan mempelajari semua aturan kerja sama dari mereka. Mulai dari mekanisme penyaluran, potensi dan benefit bisnis, hingga risiko. Pastikan juga mengenai aturan dan mekanisme dalam pengajuan retur dan refund barang agar kedua pihak sama-sama senang.

Pastikan semuanya sudah jelas agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, apalagi jika mengakibatkan tuntutan hukum. Dengan mengikuti beberapa tips dalam memilih distributor lampu di atas, usaha Anda akan berpotensi lancar dan mendatangkan banyak keuntungan.

Share This Story, Choose Your Platform!